contoh proposal penelitian

USULAN PENELITIAN

PENGEMBANGAN…………. DAN……………………. DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF…………………………….

(PTK Pembelajaran Matematika SMP N 1 Purwodadi Kelas VII Semester Genap Tahun 2011/2012)

 

A.  PENDAHULUAN
1.    Latar belakang

Matematika merupakan ilmu  yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Matematika juga merupakan ilmu yang mempengaruhi perkembangan teknologi modern, dan mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Matematika merupakan sarana komunikasi sains tentang pola-pola yang berguna untuk melatih berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif. Oleh karena itu hampir semua negara menempatkan Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang penting bagi pencapaian kemajuan negara bersangkutan.

Kita menyadari bahwa mata pelajaran matematika masih dianggap paling sulit oleh para siswa. Hal ini terbukti dengan banyaknya siswa yang tidak senang terhadap mata pelajaran matematika. Akibatnya rendahnya nilai matematika ujian nasional baik siswa SD, SMP, maupun SMA. Sehingga banyak siswa yang tidak lulus karena nilai matematikanya rendah dan tidak dapat mencapai batas minimal kelulusan.

Mengingat pentingnya matematika, perlu dicari suatu cara mengelola proses belajar-mengajar yang tepat agar siswa berfikir logis dan kreatif. Kreativitas serta pola pikir merupakan dua hal yang sangat di butuhkan dalam proses pembelajaran  matematika, agar peserta didik mampu menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang penekanannya pada penataan nalar dan pembentukan sikap serta keterampilan dalam penerapan matematika.

Ditinjau dari aspek kehidupan manapun, kebutuhan akan kreativitas dan pola pikir  sangatlah penting, tetapi kenyataannya dalam pembelajaran matematika dua hal tersebut kurang diperhatikan oleh pendidik. Rendahnya kreativitas dan pola pikir mengakibatkan hasil dan tujuan yang dicapai dalam pembelajaran matematika kurang maksimal.

Kualitas proses pembelajaran matematika dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah ketepatan pendekatan atau  metode yang digunakan. Dalam bidang pendidikan saat ini, kita melihat bahwa proses pemikiran kreatif jarang dilatihkan. Pendekatan yang digunakan oleh para guru pada umumnya di kelas, merupakan pendekatan yang berpusat pada guru. Guru masih menyampaikan materi pelajaran matematika dengan pendekatan tradisional yang menekankan pada latihan pengerjaan soal-soal prosedural, hafalan serta penggunaan rumus.

Penggunaan alat peraga serta lingkungan juga  termasuk faktor yang berperan dalam pembentukan pola pikir kreatif pesrta didik. Mengingat perkembangan IPTEK serta arus globalisasi yang cepat, penggunaan alat peraga serta lingkungan yang tidak sesuai mengakibatkan perkembangan peserta didik terhambat dan tertinggal.

Melihat keterbatasan serta kondisi lingkungan sekolah yang kurang mendukung, membuat siswa cenderung vakum, tidak kreatif dan rendahnya kemampuan berfikir. Sebagai suatu proses, pendidikan akan berlangsung dalam berbagai situasi dan lingkungan, dimana lingkungan pendidikan dapat diklasifikasikan menjadi : 1. Lingkungan keluarga, 2. Lingkungan sekolah, 3. Lingkungan masyarakat. Tiap-tiap lingkungan tersebut member pengaruh pada proses pembentukan individu melalui pendidikan yang diterimanya, baik secara langsung maupun tidak langsung (M. jumali, dkk,2004:45).

2.    Rumusan Masalah

  1. Bagaimana aktivitas pendidik kelas VII SMP dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dalam menyelesaikan soal matematika melalui strategi pembelajaran aktif …………………?
  2. Apakah pembelajaran  matematika melalui model pembelajaran aktif …………………dapat meningkatkan kreativitas dan pola pikir kontekstual siswa?

3.    Tujuan Penelitian

Sejalan dengan permasalahan diatas maka secara garis besar penelitian ini bertujuan:

Untuk mengetahui aktivitas pendidik kelas VII SMP  dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan ………… dan ………….dalam menyelesaikan soal matematika melalui model pembelajaran aktif…………………….

Untuk mengetahui bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran aktif ………………..dapat meningkatkan………….. dan…………….. kontekstual siswa.  Sejalan dengan peningkatan kreativitas dan pola pikir siswa, PTK ini juga ditujukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

4.    Manfaat Penelitian

1. Manfaat Teoritis

Secara umum, studi ini memberikan sumbangan kepada pembelajaran matematika, utamanya pada upaya peningkatan kreativitas dan pola pikir yang memiliki peran yang cukup besar bagi siswa dalam hal motivasi, penampilan dan kecakapannya dalam bidang matematika.

Secara khusus, studi ini memberikan kontribusi kepada model pembelajaran matematika berupa pergeseran paradigma mengajar menjadi paradigma belajar dalam suasana humor yang mana dipertajam dengan dimensi pendidik sebagai fasilitator, sehingga stabilitas tetap terjaga.

2. Manfaat Praktis

1)   Bagi Siswa

Proses pembelajaran ini dapat meningkatkan kreativitas dan pola pikir kontekstual dalam pembelajaran matematika serta dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang matematika maupun secara umum kemampuan mengatasi permasalahan dalam hidupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s