ALGORITMA

Era Globalisasi merupakan suatu zaman perubahan dengan adanya teknologi yang berkembang, hal ini timbulnya kejolak social diamana peran manusia sebagai sumber produksi mulai degantikan perannya oleh mesin – mesin pabrik atau mesin komputer. Kemajuan teknologi sangat memberikan pengaruh yang cukup besar dalam memenihi kebutuhan saat, hampir semua hasil produksi diera globalisasi adalah ciptaab mesin – mesin akan tetapi tidak semua. Hasil – hasil produksi yang diciptakan oleh mesin mimiliki banyak keunggulan diantaranya lebih praktis, efisien dan menghasilkan produksi yang banyak, akan tetapi dalam memproduksi mesin tidak bergerak sendiri dan merawat dirinya, akan tetapi juga memerlukan peran manusia   Komputer dalam berkerja memecahkan masalah atau mesin – mesin industri dalam melakukan kerjanya memerlukan pengaturan yang sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan.

Salah satu ilmu yang paling dekat dengan ilmu komputer adalah matematika. Ikatan antara ilmu komputer dengan matematika adalah lebih kuat jika dibandingkan ikatan antara matematika dengan komponen-komponen teoritis ilmu-ilmu lainnya. Boleh dikatakan tidak ada bidang yang tidak memanfaatkan hasil perkembangan ilmu komputer. Beberapa cabang utama yang digunakan dalam ilmu komputer antara lain algoritma dan struktur data juga bahasa pemrograman.

Kata ”algoritma” berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan, Al Khawarizmi Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 “Algorithmi de numero Indorum”. Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab . Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

Telah diketahui bahwa langkah-langkah yang detail untuk memecahkan masalah secara umum disebut dengan algoritma. Sedangkan di bidang pemrograman, algoritma didefinisikan sebagai suatu meode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.Algoritma dalam menyelesaikan masalah memerlukan langkah – langkah yang tepat sesuai dengan masalah, sehingga komputer tepat menyelesaikan masalah sesuai yang diharapkankan. Urutan – urutan dari  langkah – langkah dalam menyelesaikan masalah dalam ilmu komputer disebut Algoritam (Budi Raharjo : 2004

DAFTAR PUSTAKA

 

Murtiyasa, B., 2004, Pemrograman denganTurbo Pascal, Surakarta : Muhammadiyah University Press

____________, Model Praktikum Pemrograman denganTurbo Pascal, Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan Matematika FKIP – UMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s