Hakekat Matematika

Menurut Johson dan Myklebust dalam Mulyono (2003:252) “Matematika adalah bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah memudahkan berfikir”.

Nesher dalam Uno (2007: 130) mengkonsepsikan karakteristik matematika terletak pada kekhususannya dalam mengkomunikasikan ide matematika melalui bahasa numerik. Dengan bahasa numerik, memungkinkan seseorang dapat melakukan pengukuran secara kuantitatif. Sedangkan sifat kekuantitatifan dari matematika tersebut, dapat memberikan kemudahan bagi seseorang dalam menyikapi suatu masalah. Itulah sebabnya matematika selalu memberikan jawaban yang lebih bersifat eksak dalam memecahkan masalah.

Matematika bukan kata asing dalam kehidupan kita. Dalam matematika.com. matematika disebut ratu sekaligus pelayan dalam ilmu pengetahuan. Matematika adalah ilmu yang berdiri sendiri dan dalam perkembangannya telah dipengaruhi ilmu lain. Matematika tidak tergantung pada ilmu lain tetapi bidang studi lain membutuhkan matematika.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa matematika merupakan ilmu yang digunakan untuk memecahkan masalah atau persoalan, yang unsur-unsurnya logika, analisis dan konstruktif, generalitas dan individualitas, serta mempunyai cabang-cabang antara lain aljabar, geometri, aritmatika dan analisis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s